PADANG -wp.com-  Anak kamanakan Suku Tanjung Tapian Ampang Kanagarian Pauh IX Kuranji M Fikar resmi memangku jabatan Rangtuo Adat dengan menyandang gelar Dt Rajo Magek dalam prosesi Salai Dama di rumah gadangnya di Kampuang Talena Durian Taruang Pasar Ambacang Kuranji, Jumat malam (17/1/2020).

Saluk gelar Dtk Rajo Magek dipasangkan Kapalo Paruik Rangtuo Adat Tanjuang Burhanudin Rj Magek. Sedianya, penghulu Suku Tanjuang Irwan Prayitno Dt Rajo Bandaro Basa yang direncanakan bakal hadir, tidak bisa hadir. Penghulu Irwan Prayitno Dt Rajo Bandaro Basa yang juga Gubernur Sumbar tersebut tidak bisa hadir karena tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

Setelah acara prosesi adat yang terbilang sakral ini Suku Tanjung Nagari Pauh IX Kuranji telah melengkapi kabinet ninik mamak bajinihnya rangtuo adatnya yang diamanahkan kepada M Fikar Datuk Rajo Magek SAg MM MPd. Karena jabatan Rangtuo Adat ini sudah lama kosong pasca rangtuo adat Darwas Dt Rajo Magek meninggal dunia sejak 2003 silam.

Kapalo Paruik Penghulu Suku Tanjuang Tapian Ampang Nagari Pauh IX, Zulhendri Ismet Tan Basa mengungkapkan, Salai Dama ini merupakan bagian dari melengkapi kabinet pemangku adat ninik mamak bajinih suku Tanjung Kanagarian Pauh IX Kuranji yang kosong sejak tahun 2003 lalu. Sebelum tahun tahun 2003 lalu dijabat Darwas Dt Rajo Magek. Sehingga sejak tahun 2003 hingga tahun 2019 ini jabatan Rang Tuo Adat di suku Tanjung Nagari Pauh IX kosong. Sehingga kabinet ninik mamak bajinih adat hanya dilengkapi Pangulu, Pandito dan Rang Basako.

"Gala Sako tidak bisa diberikan kepada orang lain. Gelar ini hanya diberikan kepada orang anak kamanakan yang pertalian jelas trah dan ranjinya," ujar Zulhendri Ismed.

Selain itu kemudian harus jelas silsilah dan jelas garis keturunannya (Ranji-red). Baik patrilinial maupun matrilinial. Kemudian gala Sangsako. Gelar tersebut merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada pribadi-pribadi tertentu, baik dia orang Minang maupun orang di luar Minang yang telah berjasa kepada orang dan negara, serta berjasa pula ke masyarakat Minangkabau.

Zulhendri menambahkan, terakhir gala Muda, bahwa gelar tersebut dalam adat ibarat anak Itik anak Angso, Ketek diagiah namo kalau gadang dibarikan gala. (Anak Itik anak Angsa. Kecil diberikan nama kalau sudah besar diberikan gelar-red) oleh mamak, bako atau mamak rumahnya.

"Maangkek datuk sapakat suku, birik-birik dalam sanak, dari samak turun ka Laman. Dari ninik turun ka mamak, dari mamak turun ka kamanakan. Alah baralek pulo rang suku Tanjung Nagari Pauh IX paruik rang tuo, menyalai dama rang tuo adat bergelar Dt Rajo Magek," terangnya.

Kapalo Paruik Rang Tuo Adat Suku Tanjung Nagari Pauh IX Kuranji, Burhanuddin Rajo Magek, mengungkapkan Gala sako yang talipek ini disandang Rang Tuo Adat Sarondang Dt. Rajo Magek yang menjabat tahun 1819-an silam. Rang Tuo Adat Sarondang merupakan dari Ampang Karang Gantiang. Kini, anak kemanakan yang dipandang sesuai barieh jo balabehnya diserahkan kepada M. Fikar.

"Kemudian, di tingkat paruik kaum M Fikar sudah bulat menyerahkan saluak datuk Rang Tuo adat kepada anak kemenakannya, melalui musyawarah mufakat," ujar Kapalo Paruik Rang Tuo Adat Suku Tanjung Nagari Pauh IX Kuranji Burhanuddin Rajo Magek.

Diungkapkan Burhanuddin, kronologisnya setelah musyawarah batagak datuk ditingkatkan ke paruik Rang Tuo Adat Suku Tanjung, Rabu, 1 Januari 2020. Kaum Paruik Rang Tuo Adat Suku Tanjung terdiri dari di Ampang Karang Ganting, Korong Gadang, Ampang, Belimbing dan Kelok Belimbing.
Setelah melalui musyawarah mufakat di antaro paruik rang Tuo Adat Suku Tanjung, maka bulek aie dek pambuluh, bulek kato dek mupakat, picak alah dapek dilayangkan jo bulek alah bisa digulukan. Maka, anak kamanakan suku Tanjung Nagari Pauh IX Kuranji sapakat Salai Dama, Rang Tuo Adat Rang Tanjung.

"Insya Allah, anak kamanakan kita M Fikar Malin Sangkoni Dirajo, SAg MM MPd disalaikan damanya dengan gelar Dt. Rajo Magek dengan memangku jabatan Rang Tuo Adat Suku Tanjung Nagari Pauh IX Kuranji Kota Padang," ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menambahkan, M Fikar disalaikan damanya menjabat Rang Tuo Adat Tanjung mewarisi Rang Tuo Adat Sarondang Dt Rajo Magek era tahun 1819-an silam. Asal mulanya yang tinggi dipangku Niniek Budi Tuo Sangkoni Dirajo, di mana Nagari Pauh mulai berdiri.

Hadir dalam kesempatan itu Tuo Tapian Suku Tanjung di Ampang Gusnadi Malin Marajo, Kapalo Paruik Pangulu Tanjung Zulhendri Ismed Tan Basa dan Pandito Suku Tanjung Erman Pandito Basa.
M Fikar Datuk Rajo Magek SAg MM NPd yang juga Sekretaris PD Muhammadiyah Padang ini mengatakan Kaum Suku Tanjung ke depan hendaknya saciok bak ayam sadantiang bak basi, Kok sasek di ujuang jalan baliak ka pangka jalan, indak ado kusuik nan indak salasai. Maksudnya, seiyo-sekato dulu kaumnya, anak kamanakan serta ninik mamak.

Salai dama tersebut direncanakan bakal dihadiri Pangulu Suku Tanjung Nagari Pauh IX Irwan Prayitno Dt Rj Bandaro Basa (Gubenur Sumbar), namun yang bersangkutan tidak bisa hadir dikarenakan pada saat itu ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, maka dari itu diwakilkan kepada Kapalo Paruik Penghulu Zulhendri Ismed Tan Basa.

Kegiatan Salai Dama sendiri dilaksanakan di rumah Gadang Paruik Rang Tuo di Kampung Talena Durian Tarung Kelurahan Pasar Ambacang Kec. Kuranji Padang berjalan dengan sukses tampa ada kendala apapun. (****)


 
Top