Tanah Datar-wp.com- Ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) memadai menjadi kebutuhan, yang tidak bisa ditawar-tawar dalam menunjang pelaksanaan tugas penanganan Covid-19, terutama untuk petugas kesehatan di garda terdepan, yang rentan terpapar Virus Pandemik tersebut.
Menjawab kebutuhan tersebut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MA Hanafiah SM Batusangkar, mendapat bantuan 250 paket APD berupa baju Hazmat dari pemerintah provinsi Sumatera Barat.
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, didampingi Staf Ahli BNPB Immanuel, menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, turut disaksikan Ketua DPRD Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Sekda Irwandi, Direktur RSUD MA Hanfiah SM Batusangkar dr. Afrizal Hasan, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis dan Kalaksa BPBD Thamrin, Rabu (28/4).
Pada kesempatan itu staf ahli BNPB Immanuel, berharap kepada pemerintah daerah beserta seluruh jajaran tetap kompak dan semangat dalam perjuangan menangani pandemi Covid-19, selalu jaga kesehatan karena mengingat keterbatasan jumlah tenaga medis, apalagi jumlah dokter spesialis paru sangat-sangat kurang di Indonesia.
Sementara, Wagub Nasrul Abit mengatakan kunjungan ini disamping menyerahkan bantuan juga merupakan monitoring pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat. Saat ini penambahan kasus positif Covid-19 trennya meningkat, sampai kemaren 144 orang terkonfirmasi positif dan meninggal 14 orang, ucapnya.
Nasrul tekankan,”terkena virus corona bukanlah suatu aib, yang dihadapi adalah virus. Jangan pernah menyembunyikan informasi kepada petugas karena bisa membahayakan keluarga sendiri dan masyarakat banyak disamping itu penerapan PSBB dengan disiplin dan kesadaran tinggi diharapkan bisa menekan penyebaran Covid-19 itu sendiri”, tegasnya
Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma atas nama Pemda dan masyarakat sampaikan ucapan terima atas bantuan APD bagi RSUD MA Hanafiah SM Batusangkar ini yang sekaligus mengatasi permasalahan APD yang terjadi selama ini semoga semua bentuk dukungan ini menjadi penambah semangat petugas dalam bekerja.
Usai menyerahkan bantuan, Wagub juga mengunjungi Posko Gugus Tugas Penangangan Covid-19 di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo sekaligus mengunjungi Pasar Batusangkar dalam upaya memberikan edukasi dan pembagian masker kepada masyarakat. Sementara dari posko Covid-19, tercatat Positif tetap 3 orang (1 dirawat, 1 dikarantina, 1 orang sudah sembuh), ODP 29 orang, PDP 3 orang (1 meninggal dan sudah dimakamkan tadi malam di Jorong Batu Panjang Nagari Koto laweh Kecamatan X Koto ) dan notifikasi 2.856 orang. (Rf/Humas)
 
Top