Padang.wp.com.Jasdiman , anak nagari Carocok Tarusan, kecamatan x1 tarusan , kabupaten pesisir selatan. Jasdiman alias (jas) anak ke 3 dari 5 bersaudara.sudah 35 tahun mencari ikan , ikan yang tangkap hanya teri..bagan yang di pakai adalah bagan mini.(kapal kecil)khusus mencari ikan teri. Rabu 27/1/2021

masing - masing bagan mempunyai anak buah 7/8 orang,,bagan ini hanya besarnya 6,9 gt . kapal yang yang bisa di tangkap oleh airut,bagan yang ber ukuran sebesar 30gt.di atas 20 gt. Sedangkan perlengkapan untuk turun kelaut , semua surat menyurat bagan / kapal harus lengkap.mulai dari surat izin melaut, siup , situ.bagi yang sudah mati surat - menyuratnya. di haruskan untuk memperpanjangnya kembali.agar memperlancar jalanya bagan nelayan. Sehingga nelayan bisa bekerja sama dengan aparat.


Jasdiman berharap. Bagan kecil yang berukuran 6,9 gt sampai 10 gt.ini jangan sampai di oermasalahkan oleh aparat .karena bagan ini menangkap ikan ,hanya di sekitar teluk carocok. Kapal / bagan yang 20 gt /30 gt , biasanya menangkap ikan samapai keluar teluk carocok, seperti ; bagan yang besarnya 20 gt ini menangkap ikan di mentawai.itu aparat bisa menanyakan ke lengkapan surat - suratnya.kalau surat - suratnya lengkap.itu tidak ada masalah .yang jadi masalah ; bagan / kapal adalah bagi surat izin jalanya mati..dan belum sempat di perpanjang. Sehungga aparat baru bisa melarang bagan tersebut tidak bisa turun ke laut.

Menurut jasiman , penghidupan masyarakat carocok tarusan rata - rata nelayan. bagan yang khusus mencari ikan teri ini, di sekitar carocok ini, 60 lebih.ikan - ikan ini di tangkap dengan cara waring./jala .setelah dapat ,lansung di rebus di atas bagan.samapi di darat ,baru di jemur..

Jasdiman juga menyampaikan .mudah - mudahan hasil pengkapan ikan mereka lebih banyak..sehingga bisa memenuhi kebutuhan , tuturnya.(eli) 

 
Top