Kabupaten padang pariaman.wp.com.Masyarakat Kabupaten padang Pariaman.mengadakan acara malamang.dalam rangka maulid nabi.dengan tema menjalin hubungan silaturahi antar masyarakat korong mangopoh ujung.nagari mangopoh palak gadang. Sabtu 2/1/2021.

Acara ini di hadiri oleh,kapalo mudo, cadiak pandai , pemuka masyarakat, alim ulama.bundo kanduang,pkk nagari palak gadang, wali nagari palak gadang,wali korong ,manggopoh ujung, pemuda.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari.sabtu malam jam 11.tibalah saatnya berzikir bersama sampai menjelang subuh, dengan alim ulama di SURAU BANCAH.hari minggunya di adakan makan bersama


Zamri selaku ketua panitia .menyampaikan.acara ini di adakan untuk mengenang kelahiran nabi muhammad saw dan mempererat hubungan silaturahim antara masyarakat khususnya masyarakat manggopoh ujung dan memperkuat tradisi yang ada kepada kalangan generasi muda khususnya.

Tujuanya adalah, supaya anak - anak muda lebih mendekatkan diri ke agama. Untuk mendidik ahlak dan budi pekerti , karena , pada saat ini , begitu banyak pengaruh luar yang akan merusak generasi muda.juga ,mendalami adat istiadat yang mana pada saat ini budaya luar sangat berpengaruh pada generasi muda, dengan mualid nabi muhammad ini bisa membentuk atau membenteng akhlak dan adat istiadat tetap terjaga


sekaligus untuk menggalakan visi dan misi bupati kabu paten padang pariaman dengan program kembali ke surau.zamri juga berharap kedepannya supaya program program yang ada di surau di dukung sepenuhnya oleh masyarakat,contohnya bagaimana memberi tekanan kepada anak-anak untuk mengaji kembali ke surau dan menghidupkan nuansa agamais kepada kalangan masyarakat tuturnya..

Di ahir acara, gubenur sumatra barat, Mahyeldi ansyarullah, mengahadiri acara penutupan maulid nabi .gubenur menyampaikan, dengan maulid nabi.maka akan menambah kecintaa pada rasurullah.meningkatkan pengetahuan generasi muda ke pada rasurullah.


Alim ulama, suarman tuangku sutan.mengatakan dengan adanya maulid nabi tentunya sangat banyak menguntungkan .terutama untuk masyarakat korong manggopoh ujung., ulakan untuk perkembangan surau, dengan mengadakan acara maulid nabi, maka kecintaan masyarakat kepada nabi akan lebih meningjat

Rajo amad.said Suardi.orang tua yg berwilayat.berharap, kegiatan maulid nabi ini sudah di adakan tiap tahun .gunanya untuk mengenang, nabi muhamad SAW., di masa zaman syiah burhanudin sudah mengadakan acara maulid nabi ini. memperingati hari kelahiran nabi muhamad .saw. makanya setiap hari senin nabi menlakukan puasa.hanya kita sebagai umat islam . dengan mengadakan acara ini, ajaranya di bawak syeaih burhanudin, adanya ke sepakatan adat, adat bersandi sarak , sarak bersandi kitabullah.dan di sinilah adanya kerja sama adat dan alim ulama.makanya setiap tahun setiap surau - surau melakukan maulid nabi.di sampaikan juga, di ulakan ada 100 lebih surau, sedangkan di magopoh palak gadang ini ada 13 surau.(Eli)



 
Top