Padang.Wp.Com.Pemerintah propinsi sumatra barat dinas pendidikan ,cabang dinas wilayah 11(cabdin)kota periaman - kabupaten padang pariaman.cabdin adalah , meneruskan kewenangan yang melaksanakan beberapa tugas - tugas propinsi di limpahkan tugasnya kecabang dinas.

Di sumatra barar ada 8 cabang kepala dinas. Abinul Hakin.S.Pd. yang di amanahka di cabdin wilayah 11 kota pariaman - kabupaten padang pariaman. Untuk kota pariaman ada 21 sekolah SMA N dan kabupaten padang pariaman ada 46 sekolah .slb .sma dan smk.yang di ampu.

Sebelum ini , yang ber urusan dengan dinas propinsi.sekarang kewenangan - kewenangan itu di limpahkan kerjanya kecabang dinas wilayah dan cabdin ini lansung pertangung jawabanya ke kepala dinas.untuk memudahkan kepala sekolah , untuk ber koordinasi, pengambilan SK, MBP KBP ,SKP, kenaikan pangkat, sekarang sudah di koordinir oleh cabang dinas.tidak perlu lagi kedinas.dengan adanya cabdin ini maka lebih mudah semua urusan .


Abinul hakim  juga menyampaikan , masing - masing cabdin mempunyai wilayah khas tertentu . di berharapkan juga, penganggaran harus sesui dengan kebutuhan cabang dinas, berhara,p, cabang dinas yang satu dengan cabang dinas yang lain.karena mempunyai karakter , tujuan , program yang berbeda.di setiap cabang dinas.

Abi juga berharap.dengan adanya cabdin ini,maka sebagian birokrasi.rantai yang biadanya panjang,bisa putus dengan pelayanan yang cepat.lanjut,di sampaikan juga, 23 sma negri dan swasta di kabupaten padang pariaman, smk 13 negri dan swasta.9 SLB untuk di kota pariaman.

Sedangkan untuk di kota pariaman 7 SMA Negri dan swasta , 8 SMK negri dan swasta ,5 SLB negri dan swasta.cabdi 11 menurut pergub wilayahnya padang pariaman dan kota pariaman tepatnya MONEGKLATUR.lebih stategis.

Untuk kota padang, masuk kedinas, padang bisa masuk , ke Painan, Solok, mentawai, secara Geografisnya yang terdekat padang pariaman, memilih kemana dia masuk.karena kota padang adalah ibu kota sumbar.


Pembentukan cabdin melalui pergub .ber arti menunggu pergub , kadis yang baru.ada 8 wilayah.pesisir di sebut juga cabdin wilayah 7. Mentawai cabdin wilayah 8. Payakumbuh , lLima puluh kota, Tanah Datar itu cabdin wilayah satu.(1).cabdin wilayah dua(2).Bukit Tinggi, Pasaman Padang Panjang. Cabdin wilayah yang lainya yaitu.Pasaman, Pasaman Barat.ada juga 3s.Solok Selatan Kota Solok.Kabu paten Solok ada juga cabdin.

Kota padang saat ini masih di koordinir oleh MKKS yang di ketuai oleh bapak Nugman kepala sekolah SMA N 1 Padang. di permen negri 12.tahun 2017. Bahwa di ibu kota propinsi tidak boleh ada cabang dinas.walau pun bergabung dengan cabdin mana pun , kantornya tidak boleh di padang.

Seperti di daerah Jawa Barat,Kota Bandung.maka gabungnya ke CIMAHIK.

Abinul Hakim.S.Pd. di beri amanah oleh pemerintah propinsi sumatra barat, terhitung Agustus 2020.sampai saat ini.sebelunya Abinul hakim menjabat sebagai kepala sekolah SMA N 3 padang.sejak abinul menjabat sebagai cabdin, sma n 3 padang merasa kehilangan , karena melepas kepala sekolah yang baik.terkenal kepala sekolah yang sangat di siplin.tidak salah kalau sma n 3 padang menangis .karena kebaikannya abinul di percaya menjabat di cabdin .ketemoat yang lebih luas daearah wilayahnya.( Eli )

 
Top