SIKABALUAN.Wp.Com.Demi mendapatkan jarigan telkomsel seorang guru yang ada di dusun bose rela memanjat pohon cengkel milik warga,untuk bisa mengirim data,16/03/22.                                                             

Sejak berdirinya tower yang ada di muara sekabaluan,warga dusun bose desa muara sikabaluan kecamatan siberut Utara,sudah menjadi hal yang biasa,harus memanjat pohon cengkeh setinggi 10 meter,untuk bisa berkomunikasih kepada keluarga,dan harus bergantungan selama berjam-jam.
                                                                                           
Hal ini,juga di alami salah satu guru yang ada di dusun bose,untuk bisa mengirim data sekolah harus rela memanjat pohon cengkeh,yang terkadang mengkwatirkan untuk keselamatan.
                                                                                  "Di katankan tuyak,dusun bose sudah bertahun tahun tidak pernah mendapat jarigan tower,hal ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dusun bose untuk bisa berkomunikasi,bose yang lebih di kenal dengan ikan asin,tidak bisa mejual  ikan asin lewat media sosial,karena jarigan tidak mendukung untuk bisa berkomunikasih kepada banyak orang di luar sana"katanya..
                                                                                 Ditempat berbeda,jamin sapotuk salah satu tokoh masyarakat yang ada di dusun bose,melihat masyarakat dusun bose yang setiap hari harus memanjat pohon cengkeh,untuk mencari jarigan Telkomsel,belum lagi dengan jarak dusun bose dengan jarigan tower yang ada di desa muara sikabaluan sekitar 30 kilo,jarigan yang di dapat juga hilang-hilang timbul,untuk itu dirinya mencoba meng'usulkan tower mini melalui Musrenbang kecamatan,namun hasilnya belum hingga sampai sekarang,dia mengharapkan adanya pemerataan dan adanya perhatian pemerintah dalam hal ini"harapnya..                        
                                                                                  Di lanjut di katakan jamin,masyarakat dusun bose dengan bermata pencarian nelayan,tentunya untuk bisa menjual ikan ikan asin,yang di perlukan jarigan sebagai penghubung komunikasi,untuk bisa berkomunikasih langsung kepada pembeli dari luar bose,untuk peningkatan ekonomi pastinya.                                                                                                                                                                         

Menurut pantauan media WP com,betul apa yang masyarakat bose rasakan,hampir setiap hari masyarakat dusun bose memenjat pohon cengkeh,untuk bisa berkomunikasih.                                                      

Sejak berita ini di tayangakn mereka masih tetap memanjat pohon cengkeh,untuk mencari jarigan Telkomsel(*)                                                                    
Pewarta : sudarmono                                     editor     : eli yusnita

 
Top