SIKABALUqn.Wp.Xom.Masyarakat desa muara sikabaluan kecamatan Siberut Utara mulai keluhkan air bersih,untuk kebutuhan sehari hari,(kemarau),selasa 05/04/22.                                                             

Dian,salah satu masyarakat,asal desa muara sikabaluan kecamatan Siberut Utara,nampak membawak gerobak berisikan jerigen di dalamnya untuk mencari mata air di gunung tamairang,yang layak untuk di minum maupun kebutuhan lain.
                                                                                           
Sejak dua Minggu belakangan ini masyarakat desa muara sikabaluan kesusahan mendapatkan air bersih untuk di minum,mau pun kebutuhan lain,karena stok minum abis yang bersumber dari air hujan,dan untuk memenuhi kebutuhan seperti pada biasanya masyarakat hanya meng'andalkan penampugan seadanya dan bersumber dari air hujan,apa bila hujan tidak turun maka masyarakat desa muara sikabaluan akan sulit mendapatkan air bersih,karena masyarakat hanya meng'andalkan air hujan,hal ini sudah berlangsung bertahun tahun,karena sumber  mata air bersih tidak ada untuk wilayah sikabaluan terkhusus desun muara dan dusun nang-nang.
                                                                                 "Di Tamba Dian,kalau kami tidak mencari sumber air yang layak komsumsi,tentunya bagai mana kita akan minum,sementara air yang kami dapat di dusun tetangga pun berbeda rasanya,karena tingginya zat kapur,sedangkan jarak tempuh yang di perlukan mencari sumber air bersih kurang lebih 5 kilo dari pemukiman masyarakat,itu pun harus melewati jalan setapak dan melewati perladangan warga"katanya kepada WP com. Menurut informasi yang di dapat dari sekdes desa muara sikabaluan,(Irsad indusnang),waktu Musrenbang tingkat kecamatan yang di gelar di kantor camat Siberut utara,bahwa adanya pokir dewan partai gerindra,maru saerejen,sebanyak 100 buah poli tank,melalui dinas pupr,untuk penggadaan tengki air,yang di bagi kepada masyarakat desa muara sikabaluan,untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang bersumber dari hujan tersebut,dan masyarakat sagat mengharapkan tangki tersebut bisa di realisasikan  kepada masyarakat terkhusus dusun muara dan dusun nang-nang,,katanya...              
                                                                                Kata dia,selain poli tank,untuk penampungan air hujan,desa muara sikabaluan juga mengusulkan pembagunan embung,yang di Bagun di dusun pokai,yang di kelolah oleh BPBD,kabupaten kepulauan Mentawai,selain bisa bisa digunakan masyarakat juga bermanfaat buat meng'antispasi kebakaran sebagai pasokan air"pukasnya..                                                                                                                                                              
Menurut pantauan media Wp. Com.apa yang di rasakan mesyarakat desa muara sikabaluan sagat betul,minimnya pasokan air bersih,untuk pemakaian air sehari-hari masyarakat hanya meng'andalkan air rawa seperti air teh,ini salah satu bencana,dan apa yang sudah di usulkan oleh desa muara sikabaluan kepada dinas terkait,sudah sagat tepat.                                          

Hingga berita ini di naikkan masyarakat desa muara sikabaluan,sedang meng'alami kemarau (*)                                                                                                                                              Pewarta : sudarmono                                     editor     : eli yusnita

 
Top