PARIAMAN .Wp.Com.Anggota polres Padang Pariaman dan polsek Batang Anai kemarin tampak ramai hadir membantu ikut mengevakuasi korban kebakaran serta mengamankan TKP Kebakaran 2 (dua) unit rumah dimana satu rumah nya di gunakan sebagai tempat pangkalan gas dan minyak.

Kegiatan para personil Polsek Batang Anai mendatangi TKP Kebakaran 2 (dua) unit rumah permanen tersebut adalah milik sdr. Zulmardinata dan sdri. Ismaniarti yang berada di Kor Simpang Tanjung Nagari Sungai Buluah Kec. Batang Anai Kab. Padang Pariaman akibat adanya kebakaran yang cukup hebat yang terjadi pada hari Rabu 18 Mai 2022 sekitar Pukul 16.30 wib s/d selesai.

Kapolsek Batang Anai Iptu Manahan Afrianto Simatupang dan Waka Polsek Batang Anai Iptu Fahnedi, S.H serta Kanit Intelkam Polsek Batang Anai Aiptu Joniral, Kanit Reskrim Polsek Batang Anai Aipda Rahman Maulana, Ka SPKT Polsek Batang Anai Bripka Ade Saputra, S.H. dan beberapa Personil piket Polsek Batang Anai tampak hadir mengamankan dan mengatur jalan dekat lokasi kejadian agar tidak menambah kemacetan akibat banyak kendaraan yang melambatkan jalan nya ingin melihat lokasi kebakaran yang memang berada dekat pinggir jalan.

Kronologis Kejadian berawal pada pukul 16.30 wib sewaktu masyarakat sedang membeli minyak tanah di rumah sdr. Zulmardinata yang juga sebagai pemilik pangkalan Gas LPG 3 Kg. kemudian saksi sdri Dardaneli secara tidak sengaja melihat adanya percikan api yang berasal dari dekat drum penyimpanan minyak tanah milik sdr. Zulmardinata. Karena api berasal dari dekat drum berisi minyak tanah, membuat api semakin membesar dan api mulai merambat ke rumah sdri Ismaniarti. Selanjutnya masyarakat berusaha memadamkan sumber api dengan menggunakan peralatan seadaanya. Dikarenakan air yang digunakan masyarakat untuk memadamkan api mengandung minyak, sehingga membuat api semakin membesar dan bahkan menimbulkan ledakan yang berasal dari drum berisi minyak tanah serta tabung Gas LPG 3 Kg.

Pada pukul 17.00 wib pemadam kebakara datang ke lokasi kebakaran dengan dibantu oleh 8 (delapan) unit mobil pemadam kebakaran Kab. Padang Pariaman yang berasal dari : 3 (tiga) unit Damkar Kab. Padang Pariaman, 2 (dua) unit Damkar Kota Padang, 1 (satu) unit Damkar Kota Pariaman, 2 (dua) unit Damkar Padang Panjang serta bantuan masyarakat setempat dan sekitar pukul 21.00 wib. Api kejadian kebakaran telah berhasil dipadamkan.

Beruntung akibat kejadian kebakaran tersebut tidak menimbulkan adanya korban jiwa dan hanya mengalami kerugian materil sekira lebih kurang Rp. 1.500.000.000,-(Satu Miliar Lima Ratus juta rupiah).

Selama peristiwa Kebakaran tersebut dilakukan pengamanan TKP oleh turut hadir ke lokasi Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman Akp Agustinus Pigay, S.Ik. , Kasat Lantas Polres Padang Pariaman Iptu Adi Suhendra, S.Trk. ,KBO Sat Intelkam Polsek Batang Anai Ipda Rahmat, Piket Lawas Polres Padang Pariaman Ipda Bram Eka Apriaminando, S.H, Kanit Identifikasi Polres Padang Pariaman Aipda Hendri Haryono, Personil Polres Padang Pariaman ssrya Personil Polsek Batang Anai

Dari pantauan di lapangan masyarakat juga cukup ramai dan sebagian ikut mengamankan jalan serta membantu petugas pemadam kebakaran yang berjuang memadamkan api agar tidak merembet ke rumah lain nya yang memang lokasi kejadian rumah penduduk nya cukup padat dan rapat, dan berkat kerjasama masyarakat dan anggota damkar serta petugas kepolisian akhirnya api dapat di jinakan.

Ajie

 
Top