PADANG.Wp.Com.Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX menuai pujian serta apresiasi yang baik dari orang nomor satu di Kota Padang Hendri Septa yang diselenggarakan diKelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung berpusatkan di Komplek Plana kawasan Kantor Lurah setempat, Minggu (18/12/2022) pagi.

Menurut Wali Kota Padang itu, Alek Nagari ini penting dilakukan untuk melestarikan tradisi, seni dan budaya Minangkabau di tengah kehidupan sehari-hari di kota yang ia pimpin.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi acara Alek Nagari yang sudah jarang ditemukan di tengah masyarakat saat ini, Yang mana kegiatan ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi anak kemenakan kita ke depannya. Untuk itu semoga kegiatan Alek Nagari ini dapat dilakukan berkelanjutan dan ditiru oleh kelurahan lainnya di Kota Padang," pungkas orang nomor satu di Kota Padang Hendri Septa yang hadir bersama Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa saat itu.

Seperti diketahui, Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX tersebut merupakan yang pertama kalinya diadakan di kelurahan setempat. Acara ini terselenggara berkat kerjasama Pemerintah Kelurahan Pampangan Nan XX dengan LPM, Pemuda, Forum Nagari serta RT/RW se-kelurahan setempat.

Dalam acara itu pun dilakukan beberapa perlombaan diantaranya Lomba Marandang Jo Nasi Kunyik serta Lomba Posyandu antar RW se-Kelurahan Pampangan Nan XX. Masing-masing kelompok peserta dari kaum ibu saling berlomba memasak rendang, dan rendang yang paling terlezat menerima hadiah dari panitia.

Di sela acara Wali Kota Padang Hendri Septa juga menyaksikan penyerahan secara simbolis bantuan dana operasional RT/RW se-Kecamatan Lubuk Begalung dari Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani. Selain itu Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny juga menyerahkan trophy Juara Umum Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX Tahun 2022.

Pada kesempatan itu hadir Lurah Pampangan Nan XX Afrizal Herman dan Ketua Penyelenggara Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX Yuslinda Sabir.

Selain itu juga terlihat Ketua LPM, Ketua Forum Nagari, Ketua Karang Taruna dan elemen masyarakat di kelurahan setempat.

 
Top