Padang.Wp.Com.SEKOLAH MENENGAH  ATAS NEGERI  .( SMA) N 10 , Menggelar acara.kegiatan  PANEN KARYA SISWA Dalam rangka  Penerapan kurikulum merdeka dalam
nerapan kurikulum pembelajaran. .Sabtu  13/5/2023 di SMAN 10 .Padang.

Acara ini di hadiri oleh  Gubenur Sumatra Barat H. Mahyeldi ansyarullah.Kepala dinas Spropinsi  Barliyus, posek, Danramil yang mewakili, Komite, dan instansi yang terkait.


M.Isya  selaku kepala sekolah menyampaikan , bahwa, kegiatan ini adalah  kegiatan sekolah  yang di mulai pada tahun ini 2023.yang  merupakan pembelajaran projek  yaiktu  untuk kelaß 10.yang

1 Gaya hidup berkelanjutan.
     Disini  siswa siwi belajar mengembangkan budidaya                 Anggrek.mulai dari pembibitan, sampai  siap jual, bernilai        ekonomis.yang bernilai 00
2. Berteknologi dan berkarya, pemilihan sampah, yang olah          menjadi barang Daur ulang.(barang berguna)bisa di                  jadikan prodak - prodak  yang bisa di juaĺ.
     Semuanya  di kelola oleh guru mapel yang bekolaborasi

3   Batagak gala penghulu, projek lokal .karena batagak gala        sudah mulai hilang di daerah kita.kita sebagai masyarakat      Sumbar.adalah  masyarakat minang.yang di dasari oleh           adat istiadat .salah satunya batagak gala.disini siswa          .   kitaharus tahu bagai mana  cara - cara batagak gala                 penghulu.bagai mana prosesi pengangjatan sebagai                penghulu..mulai dari pemilihan  dari satu suku di daerah -        daerah .maka di pilihlah nanti salah seorang yang menjadi      penghulu.unttuk batagak gala ini narasubernya dari                 kuranji.dan adat yang di pilih adalah adat nagalo.



M.Isaya merasa bersyukur dan bangga.atas terlaksananya kegiatan ini.sekali gus  untuk menvantu masyarakat, sehingga anak atau siswa bisa memahamnlnya untuk batagak gala.


Kepala dinas pendidikan propinsi Sumatara Barat, Barliaus menyampaikan, dalam kegiatan kurikulum merdeka propelanya, kegiatan - kegiatan yang sifatnya positif.batagak gala yang di laksanakan ole sman 10 ini yang di ikuti oleh siswa dan antisipasi orang tua.ini untuk.membangun karakter siswa kedepan lebih baik.kegiatan ini juga di laksanakan di sekolah  -  sekòlah lain.


Gubenur Sumatra Barat, H.Mahyeldi ansharullah .S.P.Dt Marajo.menyampaikan,  bahwa kegiatan  korikulum merdeka itu di laksanakan di setiap sekolah,  dengan kegiatan ini, siswà  ikat dengan seni bidaya ďan ke arifan  siswa..kegiatan ini akan berkelanjutan dengan kegiatan - kegiatan lainya .untuk itu dinas pendidikan dan ke budayaàn  bersinergi dengan pariwisata .sekarang adanya UUD  no 17 tahun 2022. Adanya pengakuan  pusat kepada masyarakat indonesia akan ada ke arifan lokal. ADAT BASANDI SARAK .SARAK BASANDI KITABULLAH.adat salingka Nagari .ini lah inti dari adat Minangkabau.( eli)





 
Top