Padang.Wp.Com.Kepala Badan Keuangan DaeraMentawai mengadakan  pertemuan khusus dengan sejumlah awak media, Upaya meningkatkan sinergitas dengan media masa,
Jum at 23/6/2023 di Rumah Makan Ikan Bakar Haru, Lubuk Begalung, kota Padang.

Di sini peran media sangat di perlukan untuk menyampaikan,  dan memplupikasikan juga  meng imformasikan  ke masyarakat. Karena media  adalah corong untuk memberikan imformasoli

Dalam Pertemuan yang berlangsung santai namun serius dan penuh kekeluargaan itu juga membahas mengenai Target PAD dapat tercapai bila semua OPD bekerja cepat dan serius.


Rinaldi.S.Kom.MM.
Selaku  kepala Badan  Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatra Barat, ber silahturahmi dengan wartawan di kota Padang mengatakan, bahwa untuk mendongkrak dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) berbagai sektor yang ada di Kepulauan Mentawai cukup banyak dan menjanjikan dan yang tentunya berimbas pada peningkatan kesejahteraan rakyat, intinya bekerja secara cepat dan serius.

Di sampaikan juga, selama ini ada 2 sektor  yang tidak termaksimalkan.
* Yang pertama Pertanian, di ketahui juga bahwa bibit cengkeh itu bersal dari mentawai juga bibit Pinang.
* ke dua Perikanan, ikan karapu  Macan ini potensinya sangat luar biasa.termasuk Lopster, Kepiting.
Lanjut di sampaikan juga, pada tahun 2024 nanti  akan menjadi preoritas unggulan .di samping pariwisata.

Begitu juga .Dari Sektor Ketahanan Pangan,  Perkebunan dan perikanan, kelautan,
Tujuannya untuk menunjang  ( PAD )


kata Kabag Keuangan ini yang juga pernah PJ Sekdakab Mentawai, bila di garap secara serius tentunya akan menjadi sebuah kekuatan dan modal besar bagi Pemerintah daerah dan khususnya dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat mentawai.

Dengan harapan, pada  tahun 2024  nanti temanya " SUMBER DAYA EKONOMI  BERBASIS  KOTA UNGGULAN "

Untuk  pariwisata, secara manca negara tidak di ragukan lagi.dengan berjalanya sendiri.maka tinggal untuk memajukannya.bagai mana supaya  wisatawan datang ke mentawai.sekarang baru Dominan wisatawan dari manca negara.pada tahun yang lalu, mentawai  giat dua desinansi,
1.yang pertama desinansi yang ada di Mapadegat
2.di Munte.yaiktu Wisata budaya.
Sesuai dengan perubahan UUD.no.10  tahun 2018.tentang pariwisata, akan di rinci  4 bidang.
1 Bidang  wisata Bahari
2.wisata tirta
3.wisata alam
4 dan wisata budaya

Ternyata ,  Mentawai mempunyai ke -4 bidang tersebut.sehingga ada obtimis untuk meningkat kan  (PAD) kedepan .dan  dengan cara meningkatkan pembangunan.di ketahui juga secara UUD  no.I tahun 2022.Bahwa DAU itu  sudah di tentukan  penggunaan  sebagian dari pemerintah pusat.melalui regulasi, ada Pemka  212 pada tahun 2021.2022 .itu sudah di atur .bahwa DAU itu tidak bebas di pergunakan peruntukanya sesuai dengan program kita.tapi sebagian  harus di ikuti  aturan di susun oleh pemeritah.

Di sampaikan juga.kalau hanya  berharap dari DAU  dari pusat, tentunya terkunci dengan beberapa bidang.contohnya , bidang ke TU  an.bidang, pendidikan , kesehatan, maka bidang - bidang  lain sumber daya ekonomi .itu harus di dorong dengan DAU.meningkatkan UMKM  jelasnya sektir ekonomi.

“Secara serius dengan penuh tanggung jawab, kami tetap mambantu melaksanakan segala program dan kebijakan yang telah dituangkan oleh PJ.Bupati Fernando JS. Pencapaian target menjadi tanggung jawab,” ungkap Rinaldi, S.Kom,MM yang bekerja secara marathon untuk membangun daerah Mentawai yang lebih baik dan maju.

Kabupaten Kepulauan Mentawai memang sangat berbeda jauh dari Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sumbar. Mentawai yang jalur transportasinya melalui laut tentu segala aktivitas yang hendak dibawa mulai dari barang bangunan hingga makanan, sayur mayur, pengrajin pisang kipas, pisang batu, kripik tepung, cengkeh, pinang wangi serta bibit ikan krapu.lainnya melalui kapal dan biaya transfortasi laut inilah yang sangat mahal biaya angkutannya dan menjadi suatu kendala bagi masyarakat dalam menjual hasil pertaniannya. Dan insya allah tahun depan telah dibangun pabrik untuk pengelola pisang.

Dari Sektor Pariwisata, tambah Kepala Badan Keuangan Rinaldi memang cukup menjanjikan dan sangat menggiurkan untuk menambah pendapatan hasil daerah dan paling tinggi angka yang dicapai. Dari tahun ke tahun turis mancanegara selalu bertambah untuk datang berwisata ke Pulau Mentawai yang terkenal dengan unik budayanya dan tinggi gelombang ombak yang menjadi sasaran utama bagi turis untuk bermain selancar.

Rinaldi mengatakan , Sebagai Kaban Keuangan, ia akan tetap fokus bekerja secara maksimal untuk meningkatkan PAD sesuai arahan dan petunjuk Sekdakab dan Pj. Bupati Fernando JS. Bekerja dengan niat tulus ikhlas untuk kemajuan pembangunan daerah Mentawai yang kita cintai dan meningkatkan kesejahteraan rakyat merupakan suatu kewajiban dan keharusan bagi setiap ASN yang yang telah diberi kepercayaan oleh Pimpinan.

Untuk itu, ungkap Rinaldi marilah kita bersama menjaga dan membangun daerah secara serius dengan penuh tanggung jawab untuk membantu program kerja PJ Bupati Fernando JS. Dan semoga semua media tetap kompak, saling menjaga satu dengan yang lainnya.(Eli)


ELI YUSNITA PIMPINAN REDAKSI
Editor : ELI.Y

 
Top