PADANG.Wp.Com.Dewan Pimpinan  Wilayah  Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Propinsi Sumatra Barat.Menggelar acara  Seminar UMKM( usaha kecil menengah dan koperasi dalam Rangka " NENINGKATKAN  MINAT SANTRI  DI DAERAH PERKEBUNAN KELAPA  SAWIT DAN PENGEMBANGAN  MINAT USAHA DALAM BIDANG  KELAPA SAWIT  BAIK HULU MAUPUN  HILIR.
Kamis 13 s/d15/7/2023 di  Hotel  kryad

Acara ini di hadiri oleh Wakil gubenur, Sumatra Barat bapak Dr
.Ir.Audy joinaldy.S.Pt.M.Se
.MM.IPM.Asean .eng.ketua Apkasindo sumbar.bapak Jufri Nur.SE.MM.ketua pesantren  Nurul Yaqin Siti Manggopoh.ketua pembina DPP Apkasindo  jenderal  TNI ( Purn) Dr.Hc. Moel Doko .SIP..MSI.ketua umum  DPP APKASINDO.Dr.Gulat Me  Manurung .MP.COPO.staf khusus presiden.Pesantren Nurul Yaqin Siti Manggopoh . Kepala dinas koperasi sumatra barat.dan instansi yang terkait.

Ketua Panitia juga menyampaikan, bahwa acara ini Terlaksananya berkat  dukungan dan kerja sama.BP DPKS Pusat, acara ini barlangsung selama 3 hari.hari pertama , pembukaan, hari ke 2 memberikan pembekalan, peninjauan lapangan.yang di ikuti oleh 80 orang.santri 25 orang,


Ketua  Apkasindo  Jufri Nur,  mengucapkan banyak terimakasih kepada  semua undangan  yang telah hadir pada acara  dalam rang pembukaan worshob Pemberdayaan  UMKM Pondok pesantren  di perkebunan kelapa sawit  melalui kegiatan
  PEMBIBITAN  KELAPA SAWIT  GUNA MENDUKUNG PROGRAM PEREMAJAAN  SAWIT  RAKYAT  DAN SANTRIPRENEUR

Di sampaikan juga bahwa perjuangan santri.tidak terlepas dari oerjuangan indonesia .dimana  nama satri  memiliki peran besar  dalam perjuangan merebut kemerdekaan  dan mempertahankan serta  mengisi jemerdekaan, kepoloparan  santri harus di tingkatkan melalu progran - program dan kebijakan pemerintah.peran itu bukan hanya sebatas agama , pendidikan , sosial, ekonomi, serta budayadi sumarta barat, potensi budaya manusia, yang berasal dari santri bukanlah tergolong kecil, dengan jumlah pesantern  330 pesantren  di berbagai daerah.itu  merupakan aset yang tidak boleh di sia - siakan.

Dalam rangka meningkatkan sumver daya manusia besar dan halus , melahirkan generasi bangsa. Yang berkualitas dan berisi pembangunan.maka dewan pimpinan daerah asosiasi petani kelapa sawit mendukung  program perpanjangan sawit rakyat.dan satri  dengan melakukan  kegiatan  pembudayaan pondok pesantren yang ada.

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatka kwalitas SDM dan minat santri .kedepanya santri - santri  dapat pencinta bukan  pemilik saja.di harapkan kepada BP DPKS untuk memperhatikan  dan mendukung baik secara moril dan materil.kegiata - kegiatan yang berkaitan dengan pemverdayaan pesantern yang ada di  perkebunan kelapa sawit.

Ketua UMUM DPP APKASINDO.Dr.Gulat Me  Manurung .MP.COPO. yang di wakili , di karenakan  beluau ada acara di papua  Barat bersama bpk wapres .untuk peresmian  peletakan batu pertama pabrik kelapa sawit milik koperasi yang pertama.di sampaikan juga.acara ini bukan hanya acara serimonial.ada usaha lansung, ada jegiatan  di daerah - daerah.sudah masuk ling ke-2.berhasil menyuplay bibit kelapa sawit bermutu jepada petani dan pengusaha.bejerja sama dengan pesantren .ini menjadi orogram, dan di tuangkan keseluruh DPW.yang sudah di lakukan di indonesia., sumbar, yang ke-5.sebelumnya sudah ada sumatra selatan.selain Riau.

Acara ini bukan hanya seremonial atau mayoritas .bukan hanya memberikan imformasi, tanya jawab.dan pengalaman.dari pemerintah, pengusaha, pelaku usaha, koperasi, pesantren.di gunakan untuk membangun usaha.yang di beri judul ( SANTRIPRE)pesantren dan santrinya yang ( memiliki jiwa usaha)penting sekali memiliki jiwa usaha, usaha yang paling mùdah, paling memungkinkan,

Wakil gubenur, Sumatra Barat bapak Dr.Ir.Audy
jonaldy.S.Pt.M.Se.MM.IPM.A.meng apresiasi mengucapkan terimakasih atas kepada DPW dan DPP atas  terselenggaranya acara ini.dalam mendukung program pemerintah.pemberdayaan dan  pengembangan  UMKM  di sumatra barat.khususnya dukungan terhadap  pondok pesantren  di perkebunan kelapa sawit.di sampaikan juga .bahwa propesi rasurllah adalàh  berdagang dan  usaha.di katakan juga , santri itu  harus punya  jiwa senof jiwa bisnis.jiwa interlenur.

Santri juga di tuntut , belajar mengaji , belajar agama , jadi dunia aheratnya bisa lengkap.belajar bisnis jùga penting.harus bisa di kombinasikan.banyak di luar pesantren -pesantren  yang banyak mengembangkan dunia  usaha.( bisnis) di sini Apkasindo memberikan peluang  yang juga sejalan dengan program pemerintah propinsi sumatra barat.dalam rangka  meujudkan kota unggul .salah satunya meningkatkan usaha kecil menengah.yang di gerakan oleh koperasi.

 
Top