PADANG.wp.Com.Pemerintah  propinsi sumatra Barat,dalam hal ini dinas peternakan dan kesehatan hewan( Disnakkeswan) membagikan hadiah  kepada  Pemenang kontes  hewan ternak  yang di gelar selama  Pekan Nasional  Kontak Tani  dan  nelayan Andalan ke - XVI(  PENAS )   Rabu 14/6/2023

Pembagian hadiah ini juga di barengi  penutupan kontes hewan oleh  Direktorat  Jenderal  hewan oleh  peternakan dan kesehatan

Sesditjen  peternakan dan kesehatan  hewan  drh.Mak -Mum.M.Si dalam  sambutanya menyampaikan  bahwa dengan adanya gelar percontohan  teknologi  peternakan..expo perternakan  dan kontes  hewan ternak .mampu  memberikan imformasi dan pengembangan  usaha petani.


Ini ajang studi ,  bagi peserta  yang hewan  ternaknya menjadi  pemenang dalam kontes bisa menjadi  percontohan kepada petani ternak lainya.bagai mana kemajuan peternakan .dan juga efisiensi dalam  mengelola  ternak dari hulu ke hilir.katanya.



Ia menyebutkan gelar percontohan peternakan harabnyamampu memberikan imformasi  mengenai efisiensi vdan efektifitas  sapi dengan lahan yang terbatas.


Optimalisasi hulu ke holir ini termasuk rantai  bisnis.contohnya  produktifitas  sapi hanyut dari kwalitas  dagingnta saja.tapi bagai mana dengan kotoranya itu  mampu menjadi pupuk kandang dan mengatasi oermasalahan pupuk di bidang pertanian  ujarnya..

Pihaknya kedepan akan mengembangkan UPT.rumah pupuk organik yang akan di kelola  menjadi penghasilan harian.ininakan memvantu perkebunan tanaman Holtikultura dan pangan.


Kemudian gubenur sumatra barat  yang di wakili oleh PLT asisten  II  serta pemprof sumabar Yozarwadi  menuturkan  selama penas  KTNA  telah di gelar Expo peternakan  Genetic.exibition. ternak ruminansia  besar  dan kecil. Hingga ternak unggas.
.semoga bisa memotifasi
Gelaran itu , harabnya dapat memberikan imformasi  teknologi dan program ke berhasilan  pembangunan di bidang peternakan .tidak hanya itu, juga mampu memperkenalkan sumber daya  genetik  ternak lokal untuk di kembangkan
Memperkenalkan dan  menpromosikan produc. Pangan dan olahan.dari hasil peternakan.


Sudah di selenggarakan juga kontes ternak., cat show ayam kukuk   balenggek.pemecahan rekor muri 1001.ayam kukuak balenggek.pemecahan rekor muri ayam kukuk balenggek semoga dapat memotifasi kelompok tani teknak,

Peternakan,pemilik hewan,dan petugas teknis peternakan dalam mengelola dan mengembangkan usaha peternakan,"tutur nya sebelummenutup kontes hewan yozarwadi  yang juga didampingi kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan sukarli memberika hadiah kepada pemuncak kontes hewan ternak.

Diantaranya,kategori juara umum diraih oleh kabupaten agam.kemudian ada juga lomba kontes ternah dengan kategori sapi,kerbau, dan kambing.kemudian lomba ayam mukuak balenggek dengan kategori istimewa, boko dan landik. Lalu pemenang lomba cat show dengan kategori domestik dan ras bersetifikat.
 
Selain itu juga ada lomba memasak protein hewani pemenang lomba stand ekspo dengan kategori kabupate/kota umum; favorit, terakhir lomba korporasi peternakan berkinerja baik. (*)

 
Top