Padang.Wp.Com.Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd., menghadiri acara Konferensi Internasional Universitas-Islam sekaligus menjadi bagian dari Rapat Keanggotaan Umum Tahunan ke-13 Asosiasi Universitas-Islam ASEAN (AIUA) yang dihadiri oleh perguruan tinggi dari negara Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Maladewa. Turut hadir juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Welhendri Azwar, S.Ag., M.Si., Ph.D., serta Koordinator Kerja Sama, Kelembagaan, dan Humas, Drs. Mardius M., MM, dari UIN IB Padang, bersama dengan delegasi dari perguruan tinggi negara lain. Acara ini diselenggarakan di Indera Samudra Grand Hall, The Empire Hotel Negara Brunei Darussalam.

Dalam Konferensi Internasional Universitas-Islam dengan tema “Lanskap Pendidikan Tinggi Islam di Abad ke-21: Strategi dan Visi”, Rektor Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Dr. Haji Norarfan bin Haji Zainal, Dr. Awang Haji Hambali bin Haji Awang Jaili (Direktur Hubungan Internasional dan Publik), dan Dr. Hafini Mahmud (Kepala Kantor Urusan Alumni) memimpin delegasi dari Brunei Darussalam dan menyambut baik kunjungan delegasi perguruan tinggi dari berbagai negara, seperti Mesir, Qatar, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, dan lainnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah Ibni Omar Ali Saifuddien, Mufti Kerajaan Brunei Darussalam, serta tokoh-tokoh penting lainnya. Mereka menyampaikan sambutan selamat datang kepada delegasi dan memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara ini. Mereka mengungkapkan keyakinan bahwa melalui Konferensi Universitas-Islam, dengan fokus pada Lanskap Pendidikan Tinggi Islam di Abad ke-21, dunia akademik Islam akan memberikan sumbangan signifikan dalam melahirkan ulama, cendekiawan, sains, dan teknologi yang relevan dengan tantangan zaman.

Penguatan ini didukung oleh Mufti Kerajaan Brunei Darussalam, Pehin Dato Haji Abdul Aziz bin Juned, yang menekankan pentingnya strategi perguruan tinggi Islam untuk tetap unggul. Dalam era globalisasi yang maju, perguruan tinggi Islam juga harus unggul, karena Islam itu sendiri adalah agama yang tinggi dan harus selalu mengedepankan keunggulan dan keutamaan. Sebagaimana ayat Al-Qur’an mendorong kita untuk berpikir secara mendalam dan reflektif.

Terakhir, Rektor UIN IB Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd., juga menandatangani naskah kerja sama dengan Rektor Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Dr. Haji Norarfan bin Haji Zainal. Kegiatan ini penting dalam rangka membangun kerja sama antara perguruan tinggi internasional, khususnya di tingkat ASEAN, sehingga dapat berkolaborasi dalam aspek pengembangan tri dharma perguruan tinggi serta dorongan bagi reputasi internasional untuk UIN IB Padang di masa mendata

 
Top