Kabuaten  padanb parisman.Wp.Vom.Lareh Nan Panjang Selatan 25 September 2023
Babinsa Koramil 03/Sungai Sariak Kodim 0308/Pariaman Sertu Damris menghadiri rembuk Korong untuk di usulkan ke Musrenbang Nagari .

Guna penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Padang Pariaman 2024. Pemerintah Nagari melalui rembuk Korong harus menyelenggarakan musyawarah Korong yang di sebut dengan rembuk korong.

Sebagai persiapan pelaksanaan Musrenbang di Nagari Lareh Nan Panjang Selatan , wali korong dan masyarakat setempatkan melaksanakan Pra Musrenbang yang di laksanakan di aula gedung serbaguna di Korong Ampalu tinggi Kalampaian.

Tujuan penyelenggaraan rembuk Korong untuk mendorong peran serta masyarakat di tingkat Korong dalam perencanaan pembangunan.

Rembuk Korong dilaksanakan untuk mengidentifikasi dan merumuskan potensi dan permasalahan serta usulan prioritas kegiatan di tingkat Korong untuk peningkatan kualitas lingkungan permukiman maupun kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan rembuk Korong Nagari Lareh Nan Panjang Selatan yang diikuti oleh 

1 Wali korong 
2 Babinsa
3 Tokoh masyarakat
4 Pemuda 
5 Bundo janduang

Sedangkan untuk menjaring usulan prioritas, rembuk Korong  didasarkan pada mempertimbangkan tiga hal, yakni pertama tingkat urgensi dari usulan yang dimunculkan, semakin mendesak kegiatan yang diusulkan maka semakin tinggi prioritasnya. Selanjutnya tingkat manfaat dari usulan pembangunan, semakin banyak kelompok masyarakat yang mendapatkan manfaat dari kegiatan yang diusulkan maka semakin tinggi prioritasnya. Terakhir, ketersedian atau dukungan sumber daya terhadap usulan pembangunan dari warga.

 
Top