Kota pariaman.Wp.Com.Acara lomba E- batik tahun 2023 yang di selenggarakan oleh SMA 3 kota Pariaman berjalan sukses dan meriah .acara ini dibuka secara resmi oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi sumatera barat ,bapak Drs. barlius .MM  dan dihadiri oleh seluruh kepala sekolah SMA dan SMK se kota Pariaman dan juga komite SMA 3 Pariaman beserta jajaran serta majelis guru SMA 3 Pariaman .

Kepala sekolah SMA 3 Pariaman Drs.Zulfahmi.MM mengatakan bahwa tujuan acara E- batik  2 adalah untuk para siswa yang berkarakteristik terutama untuk profil pelajar Pancasila .untuk profil pelajar Pancasila ada 6 yaitu meningkatkan keimanan kepada Tuhan yang maha esa ,ke bhinekaan global , gotong royong ,kreatif ,dan inovatif , sehingga mereka nanti di tengah tengah masyarakat maupun di dunia kerja itu mampu diterima oleh masyarakat di dunia kerja .

E Batik ini adalah olympiade ekonomi kemudian bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia ditambah olympiade informatika .untuk jumblah peserta lomba 410 orang . 32 sma se Sumbar . SMK 4 , MA ada 12 plus 1 dari Mentawai kepulauan Pagai Utara Selatan .acara ini memperebutkan piala bergilir dari kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi sumatera barat ditambah piala lepas dan Tabanas .

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi sumatera barat dalam pidatonya mengatakan siswa sma 3 kota Pariaman ini hebat hebat dalam mengaji dan menari dan juga mengucapkan selamat dan sukses sma 3 Kota Pariaman menggelar lomba E- Batik ke 2. Lomba lomba kesiswaan ,baik itu lomba mata pelajaran kemudian lomba lomba ketrampilan , olahraga ini kita dorong di Sumatera barat .dengan cara ini siswa dapat berkreatifitas dan siswa dapat berkolaborasi ,bersinergi dan berkomunikasi .," anak anak kita butuh kompetisi dan sertifikat yang dihasilkan dari kegiatan ini berguna bagi mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi , prestasi prestasi itu sangat berguna ,lebih lebih untuk mengikuti lomba lomba selanjutnya ." Ujar Barlius .

Kementerian pendidikan dan kebudayaan dan riset teknologi memberikan apresiasi yang tinggi kepada siswa siswa yang berprestasi .sehingga ada sekarang pusat prestasi nasional.pusat prestasi nasional khusus  yang mengelola prestasi prestasi baik akademik maupun non akademik .
Kegiatan lomba ini sangat bermanfaat untuk pengembangan diri para siswa .semakin banyak kegiatan ektra kurikuler di sekolah semakin bagus .sekolah harus memberikan ruang kepada siswa untuk kegiatan pengembangan diri ,sesuai dengan Marwah kurikulum merdeka ada 6 profil pelajar Pancasila .pertama ,berakhlak mulia ,beriman kepada Tuhan yang maha esa ,yang kedua ,kebhinekaan global artinya memahami bahwa di dunia ini banyak ragam budaya ,banyak ragam daerah , yang ketiga ,ke gotong royongan , yang ke empat ,kreatif , yang ke lima ,bernalar kritis dan yang terakhir adalah mandiri . ( Eli. )

 
Top