Maybrat.Wp.Com. Kampung Susumuk, Distrik Aifat selama ini memang tidak begitu dikenal, karena letaknya yang jauh dan kondisi medannya lumayan menantang. Masyarakat Kampung Susumuk tergolong masih memiliki keterbatasan baik dalam bidang pendidikan dan  kesehatan maupun fasilitas umum seperti MCK.

Berkat di HUT Yonif 133/YS, Satgas Yonif 133/YS hadirkan terobosan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yaitu dengan merenovasi MCK menjadi lebih layak pakai karena selama ini MCK umum yang sudah ada tidak dapat digunakan dan tidak terpeliharanl. Selain itu Satgas Yonif 133/YS melaksanakan pembersihan selungai menjadi jauh lebih bersih dan terhindar dari sampah-sampah rumah tangga. MCK tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan sanitasi lingkungan berupa kamar mandi dan tempat BAB bagi warga masyarakat.

“Diharapkan MCK ini dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan mandi dan BAB sehari-hari masyarakat. Sehingga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat sedikit demi sedikit akan meningkat khususnya budaya BAB secara sembarangan dapat diminimalisir” Kata Dansatgas Letkol Petir Andhika Ganessakti.

Letkol Petir juga menghimbau warga masyarakat untuk nantinya menggunakan fasilitas yang sudah dibangun dengan baik dan kemudian  memeliharanya secara bersama-sama sehingga memiliki usia pakai yang panjang. “Pembangunan MCK ini juga dalam rangka memperingati HUT Yonif 133/YS yang ke 63 Tahun dan mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat dan peningkatan pembangunan nasional dimulai dari pedesaan”, Pungkasnya.
 
Top