PAPUA.Wp.Com. Masyarakat pelosok Papua, terutama yang hidup di Kampung Afkrem Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat-Papua Barat Daya masih mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan.

Karena itu, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap kesehatan masyarakat Papua, Satgas TNI Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti dalam hal ini Pos Afkrem melaksanakan pelayanan kesehatan keliling secara  gratis.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Yonif 133/YS, Letkol Inf Andhika Ganessakti akrab disapa Letkol Petir dalam reales tertulisnya pada Tim Penerangan Satgas Yonif 133/YS, Kabupaten Maybrat-Papua Barat Daya. Pada Minggu, (09/05/2024).

Menurutnya, pelayanan kesehatan keliling gratis ini bertujuan untuk membantu masyarakat terutama dalam hal mengecek kesehatan dan memastikan kondisi kesehatannya. Apalagi mereka sering mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan.

“Kami ingin membantu masyarakat Papua yang berada di daerah terpencil ini, agar mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Kami juga ingin menjalin hubungan yang baik dengan mereka, sehingga mereka merasa nyaman dan percaya kepada kami,” ujarnya.

“Anggota Satgas juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkonsultasi tentang masalah kesehatan yang mereka hadapi,” imbuhnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, akan terus dilakukan secara rutin oleh personel dari Pos Afkrem, sebagai salah satu bentuk kegiatan teritorial yang dilakukan oleh Satgas Yonif 133/YS dengan penuh ketulusan demi menciptakan kehidupan masyarakat yg sehat.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Papua akan merasa terbantu dan merasa lebih baik dengan kehadiran Satgas Yonif 133/YS,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga yang mendapatkan pengobatan gratis, Ibu Oktavina Asmuruf (35), mengucapkan terima kasih kepada Satgas TNI dari Yonif 133/YS, yang telah memberikan pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua. Ia mengatakan, bahwa ia merasa senang dan bersyukur bisa mendapatkan pengobatan gratis dari Satgas Yonif 133/YS.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak-Bapak TNI yang sudah datang ke sini dan memberikan pengobatan gratis kepada kami. Kami sangat membutuhkan bantuan seperti ini, Bapak TNI Satgas 133 ini bagaikan malaikat tanpa sayap, yang datang ketika kami memang sedang butuh, karena kami jarang bisa pergi ke puskesmas atau rumah sakit karena jauh sekali jaraknya. Kami berharap, bapak-bapak TNI bisa terus membantu kami dan menjaga kesehatan kami,” ucap Oktavina Asmuruf saat dikunjungi dirumahnya.
 
Top