Papua Barat.Wp.Com.Dipenghujung masa tugasnya di wilayah Kabupaten Maybrat, Satgas Yonif 133/YS atas prakarsa Letkol Petir Andhika Ganessakti membuat sebuah karya yang syarat akan makna yang dinamakan Tugu 133. Tugu tersebut hasil ciamik dari tangan kreatif pasukan Yudha Sakti telah rampung pembuatanya dan pada pukul 11.00 WIT tanggal 03, Agustus 2024 Tugu 133 telah diresmikan oleh PJ Bupati Maybrat dan dihadiri oleh para tokoh serta masyrakat Maybrat.  Tugu 133 terletak di pertigaan jalan Susumuk Raya, Distrik Aifat, Kab. Maybrat, Papua Barat Daya. Sabtu, (03/08/2024).

Hal tersebut diungkapkan Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 133/YS, akrab di sapa Letkol Petir dalam release tertulisnya di Kab.Maybrat.

“Kurang dari 1 bulan, Tugu 133 ini berhasil rampung dibuat oleh pasukan Yudha Sakti dari Pos Susumuk. Sehingga akhirnya bisa secara langsung diresmikan oleh Bapak PJ Bupati Dr. Bernhard Rondanuwu. yang sengaja kami undang untuk menghadiri acara peresmian ini" jelas Dansatgas.

“Dalam momentum ini juga, kamipun berharap peresmian Tugu 133 ini bisa menjadi simbol bahwa Satgas 133 Yudha Sakti pernah hadir diwilayah ini, Tugu 133 juga sebagai penghargaan untuk 2 orang Prajurit Petarung Yudha Sakti yang telah gugur, selain itu juga agar masyarakat lebih kenal bahwa Tugu 133 sebagai penanda wilayahnya, sambungnya.

Dikesempatan yang sama, pada sambutannya  PJ. Bupati Maybrat menyampaikan,

“Saya ucapkan terimakasih kepada Dansatgas Yonif 133/YS beserta seluruh anggotanya yang telah berinisiasi, kemudian bersama kepala/tokoh masyarakat Susumuk Raya sehingga Tugu 133 sekarang berdiri kokoh dihadapan kita, mudah-mudahan ini menjadi tonggak bukan sekedar tugu tetapi kita harus bisa menjaga dan merawatnya bersama," ungkap Dr. Bernhard

Pada Kesempatan yang sama, Bapak Hanok Waimbewer (56) Kepala Kampung Susumuk menyampaikan apresiasi kepada Satgas Yonif 133/YS dan secara tegas menolak segala bentuk tindak kekerasan di tanah Papua khususnya di Kampung Susumuk, beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh personel Satgas karena telah dengan ikhlas menjaga wilayah mereka.

“Saya sebagai kepala kampung dan juga mewakili masyarakat Susumuk Raya-Maybrat mengucapkan terima kasih kepada bapak Dansatgas yang telah berinisiatif membangun Tugu 133 juga bapak Danpos Susumuk serta anak anak dari Pos Satgas Yonif 133/YS yang selalu membantu kami dalam berbagai bidang dan selalu setia menemani kami, kami juga menolak keras segala bentuk kekerasan di tanah Papua," ungkap Bapak Hanok.

"Saya sampaikan juga kepada seluruh masyarakat yang mendengar Saya bicara ini, tolong jaga tugu ini jangan sampai ada yang mencoret-coret/vandalisme," tambah Bapak Hanok.

Pada akhir acara peresmian ditutup dengan Doa oleh tokoh agama setempat dan foto bersama serta pembagian ratusan paket sembako (Mie Instan, Gula dan Beras) sebagai tali asih dari Satgas Yonif 133/YS dan bekerjasama dengan Bobon Santoso Content Creator ternama kebanggaan Indonesia.

Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan lancar dan aman.
 
Top