Mentawai (Wp.com)–Di era globalisasi seperti sekarang ini jarinagan telekomunikasi dan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok baik di masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat bermanfaat baik dalam menunjang kinerja sistem informasi masyarakat.

Masyarakat yang tinggal di Ujung Pulau Pagai Selatan  Desa Bulasat Kecamatan Pagai Selatan Kabupten Kepulauan Mentawai. Hingga saat ini masih ditemukan adanya masyarakat yang tidak tersentuh jaringan telekomunikasi. Seperti yang terdapat di  Kampung Surat- Aban Desa Bulasat Kecamatan Pagai Selatan sampai sekarang  masyarakatnya belum merasakan layanan jaringan telekomunikasi.

Untuk mempercepat proses pelayanan bidang telekomunikasi, terutama di daerah yang sulit mendapatkan sinyal. Dibutuhkan penambahan tower telekomunikasi, ada pun yang menikmati jaringan telekomunikasi Seperti di
- Dusun Surat Aban-
- Dusun jago laggai
- Dusun Obak Simeru
di Dusun tersebut, warga sudah banyak memiliki fasilitas telepon genggam. Akan tetapi, kesulitan untuk berkomunikasi karena tidak adanya tower.

" Padahal, dengan alat komunikasi itu dapat memudahkan warga,
"ditambah lagi dengan sulitnya medan dan akses jalan yang saat ini dibutukan masyarakat khusunya warga Surat Aban.

Warga Surat Aban mengaku bahwa sudah  menyediakan lahan maupun lokasi untuk  pembangunan tower secara gratis.   sudah lama disediakan oleh warga dari tahun 2019 sampai  sekarang belum ada bangunan tower tersebut.

Salah satu Warga Surat Aban, Isailohay saogo S.AP  Ketua Defisi Kelautan dan Perikanan Sumbar dari (LPRI) Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia saat ditemui mengatakan bahwa seluruh masyarakat terkhusunya Warga  Surat -Aban  mengatakan bahwa atas nama warga  surat- Aban saat ini membutuhkan pendirian tower jaringan  telekomunikasi.

Ia kemudian berharap kepada Pemda Mentawai dan Dinas terkait dalam hal ini Dinas Kominfo untuk dapat mendengarkan aspirasi masyarakat dan hal ini dapat segera terwujud.  tak hanya itu kami pun saat mengharapkan Perhatian dari Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, provinsi maupun Kabupaten.” kata Lohay.
Minggu (14/09/2024).

Tak hanya itu Infrastruktur seperti jalan juga  merupakan kebutuhan utama, karena bisa memasarkan hasil produksi pertanian, kemudian berhubungan dengan pelayanan kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

"Sementara untuk Jaringan Komunikasi  penting, karena telepon bisa menghubungkan dengan masyarakat di wilayah lain maupun luar, daerah," jelasnya. 
Setidaknya pemerintah daerah berupaya untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Usulan pembangunan Tower Telekomunikasi sering disampaikan warga. Tetapi, hingga saat ini warga masih kesulitan berkomunikasi,” Warga sangat membutuhkan layanan telekomunikasi, karena dinilai sangat diperlukan. Karena sejauh ini warga selalu ketinggalan informasi. “Apabila layanan telekomunikasi terpenuhi, maka segara urusan pun menjadi mudah.

Selama ini, warga ketika ada sesuatu hal yang diurus harus kekecamataan  dengan jarak cukup jauh dan mengunakan Spek Boat Belum termasuk biaya yang dikeluarkan,” urainya.

Adanya jaringan telekomunikasi sangat penting di zaman seperti sekarang ini. Dengan adanya jaringan  telkomsel maupun internet, desa dapat mencari berbagai informasi di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan dan lainnya dengan lebih cepat,

"Segala sesuatu melalui perangkat canggih ini berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau relasi bisnis yang ada di luar daerah tak hanya itu anak-anak yang  merantau bisa berkomunikasi dengan keluarganya, apa lagi saat ini sudah banyak yang kulia di luar daerah  pasti mereka butuh biaya dari keluarganya. tutupnya.
 
Top